Sabtu, 22 Agustus 2020

Tirta Lie adalah Pria yang Pernah Makan Seribu Bakmi

 Tirta Lie adalah Pria yang Pernah Makan Seribu Bakmi-Pernahkah Anda makan seribu mangkuk bakmi? Tapi ada orang yang pernah makan seribu bakmi, meski tentu tidak dalam sekali makan.

Dia adalah Tirta Lie. Awalnya kulineran adalah pekerjaan iseng semata. Sebab dia bekerja di bidang elektronik. Namun setelah mencoba untuk pertama kalinya tahun lalu merasa ketagihan. Dalam seminggu, dia pasti memakan dua atau tiga bakmi. Cerita bermula saat ia yang gemar olahraga bersepeda di pagi hari kelaparan setelah mengayuh sepeda dengan jarak yang tidak dekat.

Tirta Lie adalah Pria yang Pernah Makan Seribu Bakmi

Bisa dari rumahnya di Gajah Mada sampai ke Lebak Bulus. Keluar rumah pukul lima pagi dan selesai bersepeda pukul tujuh sudah mulai lapar. Jadilah ia mencari sarapan. Kala pagi hari pilihannya hanya nasi uduk, bubur ayam dan bakmi. Jika nasi uduk kekenyangan, bubur begitu-begitu akhirnya saja, saya pilih bakmi.

Dari mulai satu bakmi ia pun mencoba hingga sampai seribu bakmi. Ia pun mendapatkan rekor MURI untuk Pengunjung dan Peresensi Rasa Bakmi Terbanyak. Sementara orang di Indoensia yang makan bakmi hampir seribu tempat. Itu saya kumpulkan semua. Saya foto. Saya ulas.

Sebenarnya basic saya bukan orang kuliner. Karena perjalanan saya itu akhirnya nyambung. Saya buat blog. Blog terkenal, sampai blog saya jadi kamus. Siapapun mau makan bakmi keluar semua ada 600 lokasi bakmi dalam kategori besar yang saya masukkan. Sementara untuk bakmi yang rasanya kurang memadai, ia tidak menuliskannya.

Awalnya ia mencicipi bakmi seketemunya saja. Tapi kini justru para pedagang bakmi yang mencarinya. Jika Tirta Lie nau makan disini musti pagi sepagi jam operasionalnya pasar pejagalan karena ko alau nya langsung masak semua makanan yang dijual. Semua masakan yang dibuat setelah matang ditaruh dibaskom.

Apakah Tirta Lie adalah Pria yang Pernah Makan Seribu Bakmi?

 

Sementara yang enak memang langsung makan ditempat tapi berhubung tempatnya sempit ya kalau lagi rame makannya bisa joinan. Sementara ini adalah salah satu kuliner bakmi dapat ditemukan mulai dari bakmi di kaki lima, rumah makan, hingga restoran. Namun terkadang para pembeli lupa cara menikmati bakmi tersebut dengan benar.

Spesialis bakmi seorang food blogger, Tirta Lie menjelaskan cara yang benar untuk dilakukan kala Anda menikmati bakmi. Jika makan bakmi, jangan dikasih sambal atau dikasih apa pun. Pertama kali kita makan bakminya dulu, rasakan mi-nya. Sementara Lie saat ditemui di festival bakmi, Festival Tirta Lie 2 di Mall Of Indonesia.

Dari Bakmi Unik hingga Sehat Ada di Tirta Lie Festival 2 Ia menjelaskan saat ini banyak pedagang bakmi yang mengelabui rasa bakmi dengan hidangan topping yang menarik. Maka dari itu, pembeli pun harus pintar-pintar memilih. Bakmi kan makan mi, bukan dagingnya.

Meski topping -nya banyak, yang didahulukan adalah mi. Saya biasanya lihat dari cara bikin dan wanginya, kalau bikinnya asal-asalan pasti nggak enak. Kalau mi sudah sempurna, maka semuanya sempurna. Tetapi bagi dia, hal yang pertama perhatikan kala menikmati bakmi dimulai dari bahan yang digunakan, tekstur mi, dan bagaimana cara penjual merebus mi tersebut.

Sebab, kata dia, tepung yang digunakan untuk mi juga memiliki peran untuk menghasilkan tekstur mi yang baik. Jika Anda telah menyimpan cara pembuatan juga menghirup aroma bakmi tersebut, Tirta Lie menyebutkan agar tak lupa mengaduk mi itu sendiri.

Jumat, 17 April 2020

Tips Menggunakan Hijab untuk Wajah Bulat


Tips Menggunakan Hijab untuk Wajah Bulat - Saat ini, hijaber atau mereka yang mengenakan hijab jauh dari kata-kata lama atau kesan usang. Jilbab yang dulu memberi kesan "tua" dan tidak fashionable telah menghilang karena desain dan warna hijab telah mengalami banyak perkembangan dan modifikasi.


Mulai dari jilbab Zoya berukuran standar hingga ukuran lebar saat ini tidak mencegah wanita muslim terlihat sopan dan cantik. Bahkan, keberadaan jilbab juga merambah ke dunia mode dan menyandingkan jilbab di panggung mode yang diakui oleh dunia.

Memilih jilbab sama seperti memilih pakaian karena dalam mengenakannya, Anda harus memperhatikan beberapa hal. Salah satunya adalah bentuk wajah. Perbedaan bentuk wajah antara satu wanita dengan yang lain dapat mempengaruhi jilbab yang digunakan. Jilbab yang cocok dengan bentuk wajah tidak hanya memaksimalkan penampilan tetapi juga nyaman dipakai.

Gunakan Dalaman
Mengenakan jilbab dalam atau dalam yang sering disebut ciput adalah bagian penting. Kedalaman jilbab berfungsi untuk menjaga rambut termasuk alat kelamin tidak mudah berantakan dan terlihat. Selain itu, jilbab bagian dalam juga bisa menjaga posisi jilbab sehingga tidak mudah melorot.
Jilbab dalam atau jilbab dengan bentuk topi juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang memiliki wajah bulat. Saat ini, kerudung bagian dalam telah muncul dalam beberapa model dan salah satunya dapat memberikan siluet tipis pada wajah. Pilih jilbab bagian dalam dengan bahan yang nyaman seperti rajutan, kain krep, atau katun.

Bagaimana Tips Menggunakan Hijab untuk Wajah Bulat?

Gunakan Bahan Tipis
Bahan tipis bukan berarti melamun sehingga rambut mudah terlihat. Tipis di sini dimaksudkan untuk menyerap bahan keringat ringan dan seperti katun atau katun. Anda juga bisa mengenakan sutera mengkilap jika ingin tampil formal.

Gunakan Tulang pipi sebagai Tolok Ukur
Mengenal bagian tubuh Anda dengan baik dapat memberikan kenyamanan bagi Anda saat membeli pakaian, serta jilbab. Anda bisa menggunakan tulang pipi sebagai patokan sehingga Anda bisa mendapatkan jilbab dengan desain yang tepat. Anda bisa membeli kerudung dengan model pad yang panjang sehingga bisa memberi ilusi wajah yang kurus.

Pilih Motif yang Tepat
Jilbab berpola dipilih oleh wanita Muslim yang ingin terlihat ceria dan energik. Bagi Anda yang kebetulan memiliki wajah bulat dan suka memakai motif jilbab, ada baiknya memilih pola yang besar tetapi masih tersedia ruang agar tidak terkesan tumpang tindih.

Anda juga bisa mengatasi wajah bundar dengan menggunakan jilbab berwarna dingin dan coba juga jilbab dengan motif kombinasi. Padukan dengan pakaian berwarna netral agar penampilan Anda tidak terlihat terlalu ramai.

Perhatikan posisi kerudung
Saat mengenakan jilbab, Anda bisa menarik kerudung ke depan sehingga jilbab menutupi pipi. Anda juga bisa membentuk ujung jilbab lebih lancip atau memakai alas dalam yang tegak sehingga siluet tipis di wajah bisa dibuat.

Jangan Jepit Di Bawah Dagu
Saat menjepit penjepit atau jarum pada kerudung, Anda bisa meletakkannya di rahang, bukan di bagian bawah dagu. Posisi ini bisa mengalihkan perhatian dari leher yang mungkin berlapis-lapis atau cenderung gemuk. Untuk kenyamanan, Anda bisa memakai penjepit yang tidak tajam seperti jepit magnet untuk kerudung. Itulah pembahasan mengenai tips menggunakan hijab Zoya ubtuk wajah bulat. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kalian semua .

Kamis, 02 April 2020

Supaya Sayur Segar Tanpa Kulkas

Sayur sebaiknya diolah dalam kondisi yang segar. Untuk memper tahankan kesegaran tersebut, biasanya sayur disimpan dalam lemari es apabila belum diolah. Tapi, apabila tidak punya lemari es bagaimana tutorial mempertahankan kesegaran sayur? Berikut ini trik yang dapat dicoba:

Supaya Sayur Segar Tanpa Kulkas

  • Biarkan sayur tetap terbungkus dalam plastik. Ini untuk mengurangi kadar kelembapan serta vitamin yang terserap ketika terkena sinar matahari, Hanya, membungkusnya jangan terlalu ketat, supaya sirkulasi udara tetap terjaga.
  • Sesekali semprot sayur tersebut dengan air. Ulangi tutorial ini berbagai kali ketika sayur terkesan mulai layu. Tutorial ini berkegunaaan untuk menjaga kelembapan serta kesegaran sayur. Hanya saja, tutorial ini cuma membikin sayur bersi kukuh selagi 12 jam.
  • Apabila sayur tersebut tetap lama diolahnya, lebih baik biarkan saja utuh. Jangan hingga dipotong-potong terlebih dahulu. Ini bakal mengurangi kadar vitamin yang terkandung dalam sayur. 


Memilih serta Menyimpan Sayuran Segar
Pilih warnanya yang paling segar serta teksturnya kencang. Terus pekat warnanya (hijau, kuning, oranye, alias merah muda), terus tinggi kandungan vitaminnya. Hindari sayuran yang memar, tersayat sayat alias ada bercak tidak lazim pada permukaannya. Sayuran keras lebih awet daripada sayuran lunak. Di lemari pendingin, sayuran lunak butuh dilindungi oleh wadah kedap udara supaya tidak lekas layu. &Jpaya tidak cepat rusak, sayuran baru dicuci sebelum diolah. Tutorial mencuci semacam buah buahan. Jangan dipotong alias diiris sebelum dicuci supaya vitamin serta mineralnya tidak larut bersama air. Sayuran lunak tidak tahan disimpan lebih dari dua hari sekalipun dalam lemari pen dingin.

Memilih serta Menyimpan Sayuran Buah
Sayuran buah semacam alpukat, belimbing, paprika, serta tomat. Disebut sayuran buah lantaran mempunyai biji namun kadar gulanya sangat rendah. Sayuran buah dapat dikombinasikan dengan sayuran biasa serta juga dengan zat pati semacam nasi, roti, alias pasta.
Kombinasi sayuran buah dengan buah buahan agak menyulitkan mereka yang pencernaannya sensitif. Sayuran buah sebaiknya dimakan segar serta mentah. Terutama tomat, bila dimasak kadar keasamannya bakal meningkat.

Minggu, 10 November 2019

Tips Mudah Memilih Kelapa Muda A.K.A Dugan/Degan Untuk Es Kelapa Muda

Orbitpedia-Kelapa muda A.K.A Dugan/Degan ini tidak sedikit digemari alias dibahagiai kalangan manusia baik dalam bentuk kelapa muda saja alias dalam bentuk minuman, hehe.. Tidak sedikit dari kami tergolongnya penulis juga mengharapkan kelapa muda untuk faktor es kelapa muda umpama, itu wajib yang cocok, serta enak tidak terlalu tua alias terlalu muda. Apakah kamu sekalian sempat bertanya sama tukang jual es kelapa muda, mengenai gimana sih tutorial mudahnya milih kelapa muda? Hayo sempat gak..

Tips Mudah Memilih Kelapa Muda A.K.A Dugan/Degan Untuk Es Kelapa Muda

Kalo anda semua belum sempat nanya tetapi pingin tau, langsung aja nih simak postingan ini yang mengulas trik mudah memilih kelapa muda.

Trik Mudah Memilih Kelapa Muda A.K.A Dugan/Degan:

1. Lihat kulit / sabutnya
Ini pengamatan dasar, kalo warna kulitnya telah coklat pasti saja bukan kelapa muda.

2. Lihat Ujung batok
Lihat ujung batok kelapa ada lingkaran yang menandakan tua alias muda, pilih yang lingkarannya tidak terlalu lebar diameternya, untuk menemukan yang kelapa muda.

3. Guncangkan
Cara idealnya merupakan dengan mengguncangkannya. Apabila Kamu mendengar adanya bunyi kocokan air di dalamnya, maka berarti kelapa itu tetap fresh. Apabila tidak terdengar bunyi apapun, maka dapat sehingga kelapa itu telah tua.

4. Tepak-tepak kelapa tersebut
Apabila ada getaran di dalamnya, maka kelapa tersebut mengandung daging yang semacam lendir (dagingnya tetap tipis serta muda untuk dimakan pakai sendok)
Apabila getaran di dalamnya tidak terlalu terasa, maka kelapa tersebut mempunyai daging yang telah agak tebal serta keras (perlu tenaga sedikit untuk menyendok dagingnya)

Selasa, 22 Oktober 2019

Cara Merawat Bayi Tupai

 Sama halnya dengan fauna lainnya yang baru lahir tentunya dalam sisi makanan  tentu berbeda dengan makanan fauna yang telah dewasa begitu pula dengan anak tupai, anak tuapi yang baru lahir ada baiknya diberbagi makanan berupa susu, tutorial pemberiannyapun tak sebarangan ada dot khusus yang disediakan untuk memberbagi susu terhadap anak tupai yang bisa dibeli di peshop terdekat. Berbagi susu sampai umur tupai 2 bulan, seusai umur tupai 2 bulan maka jangan diberi susu lagi lumayan diberbagi makanan berupa pisang, kelapa sampai pepaya.

 Cara Merawat Bayi Tupai

Dalam merawat tupai khususnya anak tupai kandang yang wajib dipilih merupakan kandang yang berkapasitas kecil saja serta keadaan suhu kandang stabil serta masih hangat, bisa juga kami menempatkan tuapi di kadang burung dengan alas kain alias rerumputan kering sebagai media untuk tupai menghangatkan dirinya, semacam pengalaman penulis sendiri dalam merawat tupai anakan kandang yang dipilih berupa kandang yang berkapasitas kecil dengan kain bekas sebagai alas serta tempat tidur untuk tupai.

Perawatan anak tupai sendiri tak begitu susah lumayan berbagi perharian lebih terhadap tupai serta sesekali bersihkan kandang karena apabila kandang tak dibersihkan bakal membikin tupai sakit dampak kotoran dari tupai itu sendiri.ajaklah tupai bermain biar terbiasa serta cepat jinak,biar tak kabur dari anda,,,hhh tupai tak suka suhu yang dingin,tupai bisa mati kalau di biarkan kedinginan.

kalau belum bisa merawatnya jangan di aniyaya tupainya yaa....kasih aja pada yang bisa alias pemelihara hewan.karna agak susah juga merawat bayi tupai,jadi wajib extra sabar.

Jemurlah tupai sekali seminggu di terik matahari

Hal ini penting dalam menolong pertumbuhan tulang tupai karena dalam berbagai permasalahan tak jarang kali tupai gagal loncat serta mengdampakkan tupai cedera, kami bisa menjemur tupai di sinar matahari pada pagi hari, dalam menjemur tupai lumayan tak lebih lebih 1 jam saja serta jangan berlebihan .karna sinar matahari bisa membikin tulang tupai terus kuat.

Itulah tutorial perawatan yang bisa diberbagi terhadap anak tupai, apabila ada pertanyaan lebih lanjut seputar perawatan anak tupai bisa komentar pada postingan ini serta kami bakal mengulasnya bersama-sama.

Minggu, 13 Oktober 2019

Ciri-Ciri Ikan Segar

Daging ikan yang telah basi dan tak segar lagi rasanya tentu tak enak, jadi masakan yang dihasilkan tak lebih sempurna dan bahkan kadang wajib terbuang sia sia. Oleh sebab itu sangat butuh sekali untuk mengenal ciri ciri ikan segar, supaya kami tak keliru sewaktu bakal membeli ikan.

Ciri-Ciri Ikan Segar

Mata
Ikan yang tetap segar bakal menampakkan warna mata yang terang, bening, menonjol, dan cembung. Ikan yang telah lama dan basi matanya redup dan terbenam. Mata ikan yang basi bakal berwarna abu-abu dan tenggelam tertutup lendir.

Warna kulit
Warna kulit ikan yang tetap segar merupakan cemerlang, sedang ikan yang basi warnanya telah memudar.

Insang
Ikan yang tetap segar, warna insangnya tampak merah hingga merah tua, terang dan cerah, dan tak berbau. Ikan basi bakal tampak kotor, berwarna pucat alias gelap. Mungkin juga warnanya keabu abuan dan berlendir. Baunya pun busuk.

Sisik
Ikan yang segar sisiknya melekat dengan kuat, agak mengkilat dengan tanda tanda warna yang khas tertutup lendir j ernih, belum tak sedikit hilang. Bakal namun apabila ikan telah mulai membusuk, kondisi sisiknya telah tak sedikit yang terlepas Tanda tanda dan warna yang khas telah memudar dan lama kelamaan menjadi hilang.

Daging
Daging ikan segar tetap elastis dan tak ada bekas jari apabila ditekan. Ikan yang telah mulai basi kondisi dagingnya lunak, tekstur berubah dan apabila ditekan bakal meninggalkan bekas yang tak mau hilang.

Lendir
Ikan yang tetap segar lendirnya cemerlang, homogen dan transparan. Ikan yang telah basi lendirnya bakal berubah kekuning-kuningan dan baunya tak lebih sedap. Keadaannya juga telah mengering dan putih

Bau
Ikan segar baunya segar dan tak ada aroma bauan yang aneh. Ikan yang basi baunya tak lebih sedap dan menusuk hidung. Keadaan: Ikan yang baik ditandai dengan tak adanya bekas-bekas luka alias kerusakan lainnya di badannya dan leluasa dari segala macam parasit. Ikan yang telah basi kondisi badannya telah parah, tak sedikit luka luka, patah dan tersedia tak sedikit parasit di badan nya.

Senin, 23 September 2019

Manfaat Jeruk Bali bagi Kesehatan

Kegunaaan Jeruk Bali bagi Kesehatan - Ada beberapa tipe jeruk yang terkenal di masyarakat dan diantara beberapa tipe jeruk tersebut yang mempunyai ukuran terbesar adalah Jeruk Bali alias Pomelo (nama latin : Citrus grandis syn. Citrus maxima). Buah jeruk bali terbukti dikenal mempunyai ukuran yang jauh lebih besar dari tipe lainnya.

Manfaat Jeruk Bali bagi Kesehatan

Buahnya berwarna hijau kekuningan dengan bentuk bulat meruncing dibagian atas dan cenderung datar dibagian bawahnya. Daging buahnya lumayan tebal berair dan mempunyai warna yang bergam mulai dari putih, pink, sampai merah tua. Apabila tetap mudah rasanya asam disertai sedikit rasa pahit, tetapi kalau telah masak rasanya menjadi lumayan manis meskipun rasa pahitnya tak sepenuhnya bisa hilang. Salah satu keistimewaan lainnya dari jeruk bali adalah kulitnya yang sangat tebal dengan bau yang tak terlalu tajam. Sebab kulitnya yang lumayan tebal, jeruk bali cenderung lebih tahan lama dari tipe jeruk lainnya. Kulit jeruk ini tak jarang kali dikegunaaankan sebagai mainan oleh anak-anak, tetapi beberapa tahun akhir-akhir ini kulit jeruk bali juga diolah menjadi manisan yang rasanya lumayan lezat.

Kandungan Jeruk Bali

Selain lezat untuk dikonsumsi, nyatanya jeruk bali mempunyai sejumlah kandungan yang mempunyai tak sedikit kegunaaan bagi kesehatan. Beberapa kandungan yang bisa ditemukan dalam jeruk bali sebagai berikut :

Lycopene
Lycopene adalah zat yang berkegunaaan sebagai antioksidan. Antioksidan berkegunaaan bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas. Tidak hanya sebagai zat anti oksidan, lycopene juga mempunyai sifat anti bakteri dan anti jamur jadi bisa menolong melawan infeksi. Untuk info lebih lanjut tentang lycopene dan kegunaaannya bisa Kamu baca dengan mengunjungi link ini.

Pektin
Pektin adalah sejenis serat yang larut dalam air dan berbentuk mirip semacam jelly dan hanya bisa ditemukan dalam tumbuhan. Apabila serat yang diambil dari fauna (umumnya sapi alias babi) biasa disebut sebagai gelatin, maka serat dari flora disebut pektin. Berdasarkan penelitian diketahui bahwa pektin sanggup menurunkan kadar kolesterol. Sebab mengandung pektin yang mempunyai performa untuk mengurangi kolesterol, salah satu kegunaaan jeruk bali bagi kesehatan yang paling penting yaitu bisa mencegah munculnya penyakit jantung dan stroke. Pektin ini juga mempunyai performa untuk melindungi selaput lendir lambung dan usus jadi kedua organ tersebut bakal terhindar dari infeksi ketika sedang terluka.

Kalium
Salah satu kandungan jeruk bali paling penting lainnya adalah kalium. Kalium adalah salah satu nutrisi yang kegunaaan utamanya adalah menolong kinerja syaraf dan otot supaya bekerja dengan baik. Tidak hanya itu kalium juga berkegunaaan untuk menyimpan darah dalam bentuk glikogen.

Berdasarkan penelitian diketahui pula kegunaaan kalium lainnya yaitu mengontrol kadar air di dalam tubuh. Kalium juga dipercaya sanggup untuk mencegah hypertensi alias tekanan darah tinggi. Tidak hanya itu kalium juga bertindak sebagai penunjang kinerja jantung dan berperan aktif untuk menjaga kontraksi otot rangka dan otot halus.

Vitamin C
Semacam buah jeruk lainnya, buah jeruk bali juga mengandung Vitamin C dengan dosis yang lumayan besar. Vitamin C mempunyai peranan yang sangat vital pada imunitas tubuh manusia. Konsumsi Vitamin C dengan dosis yang sesuai terbukti sanggup meregenerasi sel yang rusak. Tidak hanya itu Vitamin C adalah salah satu antioksidan yang terbukti sanggup mencegah tumbuhnya sel kanker akibat adanya radikal bebas.

Konsumsi vitamin C dengan dosis yang sesuai dalam jangka waktu tertentu juga bisa menghindarkan diri dari proses penuaan dini dan menghambat timbulnya enzim tirosinase. Enzim ini bertugas menolong pembentukan pigmen. Apabila terlalu tak sedikit kulit bakal terkesan kusam. Dengan dibatasinya produksi enzim tirosinase, kulit bakal terkesan lebih segar.

Ada tak sedikit sekali kegunaaan jeruk bali bagi kesehatan yang bisa kami ambil. Kamu tak butuh ragu untuk mengkonsumsinya dengan cara teratur. Tetapi, butuh diperhatikan supaya tak mengkonsumsi terlalu berlebihan sebab faktor baik apapun apabila diperbuat dengan cara berlebihan bakal berakibat tak baik bagi tubuh Anda.